Panduan Penyusunan RPJM Desa

Panduan Penyusunan RPJM Desa contoh rpjm desa 2018 contoh rpjm desa sesuai permendagri 114 rpjmdes 2019 permendagri 114 tahun 2014 rencana pembangunan jangka menengah desa berapa tahun petunjuk teknis perencanaan pembangunan desa contoh rpjm desa sesuai permendagri 114 doc
Berikut ini adalah berkas buku Panduan Penyusunan RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa). Buku ini diterbitkan oleh Yayasan PENABULU. Download file format .pdf.

Panduan Penyusunan RPJM Desa

Keterangan:
Di bawah ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas buku Panduan Penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa).

Pengantar
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) mengatur dengan jelas mengenai pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan. Pasal 78 UU Desa menjabarkan tujuan pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Pembangunan desa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penyelenggaraan pembangunan desa dilakukan dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan guna mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial.

Agar pembangunan desa bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan, maka pembangunan desa harus terencana, terkoordinasi, berbatas waktu, serta sesuai dengan kondisi khas masyarakat dan wilayah desa yang bersangkutan. Selain itu pelaksanaan pembangunan desa melibatkan peran aktif masyarakat, perangkat desa, lembaga-lembaga desa, lembaga di tingkat kecamatan dan kabupaten (atau lembaga supra desa), dan lain-lain. Juga penting artinya melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan desa agar arahnya tidak melenceng dari garis-garis yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan desa itu sendiri.

Selengkapnya silahkan lihat atau download berkas mengenai buku Panduan Penyusunan RPJMD di bawah ini.


Download:
Download Panduan Penyusunan RPJMD Desa-FINAL

Kata Kunci Terkait: 
contoh rpjm desa 2018 contoh rpjm desa sesuai permendagri 114 rpjmdes 2019 permendagri 114 tahun 2014 rencana pembangunan jangka menengah desa berapa tahun petunjuk teknis perencanaan pembangunan desa contoh rpjm desa sesuai permendagri 114 doc

Rate this article

Getting Info...

Post a Comment

Copyright ©Blog Edukasi - All rights reserved.

Redesign by protemplates
Persetujuan
Kami menggunakan cookie untuk mengoptimalkan pengalaman menjelajah Anda...
Selengkapnya